Lab Trial Open ONT Premium ZTE

Memenuhi permintaan trial dari AVP ACCESS NETWORK STRATEGY melalui notadinas nomor C.Tel.09/TK 000/COP-D2001000/2021, maka Lab BAN dan ZTE melakukan trial Open ONT Premium ZTE. Trial ini dimulai dari tanggal 25 Februari 2021 dan masih berlangsung sampai saat ini.

Latar belakang dari kegiatan ini adalah permintaan dari CONS agar ISG dapat memberikan kebijakan implementasi Open ONT untuk ONT Premium. Open ONT artinya ONT tersebut dapat digunakan di OLT yang berbeda platform (beda merk), misalnya ONT ZTE dapat terkoneksi ke OLT Huawei, Fiberhome, dan Nokia. Saat ini yang digunakan untuk Open ONT hanyalah ONT retail saja. Namun kemudian ada arahan dari Direktur Consumer untuk menjaga Customer Experience untuk pelanggan-pelanggan yang menghasilkan revenue besar. Yaitu dengan cara meng-upgrade ONT-nya dari ONT retail menjadi ONT Premium. Akan tetapi beberapa platform (merk) tertentu sering terjadi kendala supply ONT, sehingga untuk mitigasi diusulkan agar pada ONT Premium juga diimplementasikan kebijakan Open ONT.

Pada trial ini yang manjadi prioritas dilakukan test adalah ONT ZTE, karena ZTE memiliki supply ONT yang baik. Diharapkan ONT Premium ZTE yang semula hanya bisa digunakan di OLT ZTE kemudian menjadi dapat digunakan di Open Environment.Progres trial saat ini, ONT Premium ZTE sudah berhasil terkoneksi ke OLT Fiberhome. Akan tetapi masih terkendala isu interoperability antara ONT ZTE dan OLT Huawei. Case ini sedang dieskalasikan ke RND masing-masing vendor untuk bersama-sama dicari solusinya.